-->

Bahasa Pemrograman: C

Pengertian Bahasa Pemrograman C, Fungsi Bahasa Pemrograman C, Contoh Bahasa Pemrograman C, dan Apa itu Bahasa Pemrograman C? 

Bahasa pemrograman C merupakan salah satu bahasa pemrograman komputer. Dibuat pada tahun 1972 oleh Dennis Ritchie untuk Sistem Operasi Unix di Bell Telephone Laboratories.

Fungsi dalam bahasa C adalah sekumpulan kode yang ditaruh dalam sebuah blok dan dibuat untuk menjalankan tugas khusus. Salah satu tujuan dari penggunaan fungsi dalam pemrograman seperti pada bahasa C adalah untuk membuat program lebih terstruktur dan efisien sehingga program tersebut mudah dipahami atau dibaca alur programnya.

Penggunaan fungsi membuat program jadi lebih efisien karena mengurangi pengulangan penulisan kode yang sama. Hal ini karena jika sekelompok kode sudah dibuat fungsi maka selanjutnya kita tinggal memanggil nama fungsinya saja beserta parameter yang menyertainya jika ada. Sebuah fungsi tidak dijalankan secara otomatis saat program dijalankan karena fungsi berada diluar rutin program utama yang berjalan dan hanya dijalankan jika fungsi dipanggil saja.

Akar dari bahasa C adalah bahasa BCPL yang dikembangkan oleh Martin Richards pada tahun 1967. Bahasa ini memberikan ide pada Ken Thompson yang kemudian mengembangkan bahasa yang disebut dengan B pada tahun 1970. Perkembangan selanjutnya dari bahasa B adalah bahasa C yang ditulis oleh Dennis Ritchie sekitar tahun 1970-an di Bell Telephone Laboratories Inc. (sekarang adalah AT&T Bell Laboratories). Bahasa C pertama kali digunakan pada komputer Digital Equipment Corporation PDP-11 yang menggunakan sistem operasi UNIX.

Bahasa C mempunyai kemampuan lebih dibanding dengan bahasa pemrograman yang lain. Bahasa C merupakan bahasa pemrograman yang bersifat portabel, yaitu suatu program yang dibuat dengan bahasa C pada suatu komputer akan dapat dijalankan pada komputer lain dengan sedikit (atau tanpa) ada perubahan yang berarti.

Bahasa Pemrograman: C

Bahasa C merupakan bahasa yang biasa digunakan untuk keperluan pemrograman sistem, antara lain untuk membuat:
  1. Assembler
  2. Interpreter
  3. Compiler
  4. Sistem Operasi
  5. Program bantu (utility)
  6. Editor
  7. Paket program aplikasi
Kelebihan Bahasa Pemrograman C
  1. C mempunyai operator yang lengkap untuk memanipulasi data
  2. Berbagai struktur data dan pengendalian proses disediakan dalam C, sehingga memungkinkan dibuat program yang terstruktur, bahkan program yang berorientasi pada objek (OOP = Object Orientied Programming)
  3. Dibanding dengan bahasa mesin atau rakitan (assembly), C jauh lebih mudah dipahami dan pemrogram tidak perlu tahu detail mesin komputer yang digunakan sehingga tidak menyita waktu dalam menyelesaikan masalah ke dalam bentuk program. C merupakan bahasa yang berorientasi pada permasalahan (objek), dan bukan berorientasi pada mesin
  4. Kecepatan eksekusi C mendekati kecepatan eksekusi program yang dibuat dengan bahasa tingkat rendah, namum kemudahan dalam memprogram setara dengan bahasa tingkat tinggi
  5. C memungkinkan memanipulasi data dalam bentuk bit maupun byte secara efisien. Disamping itu juga memungkinkan untuk melakukan manipulasi alamat dari suatu data yang dalam C dinamakan pointer
Kekurangan Bahasa Pemrograman C
  1. Banyaknya operator serta fleksibilitas penulisan program kadang-kadang membingungkan pemakai, yang jika belum familiar akan menimbulkan masalah
  2. Para pemrogram C tingkat pemula umumnya belum pernah mengenal pointer dan tidak terbiasa menggunakannya, padahal keampuhan bahasa C justru terletak pada pointer.
Berikut contoh bahasa pemrograman C sederhana:

Studi Kasus


Sebuah tempat bermain “TAMAN BERMAIN MARGONDA” menjual tiket masuk dengan ketentuan:
a. Untuk dewasa dikenakan biaya Rp 100.000
b. Untuk anak-anak dikenakan biaya Rp 60.000
c. Untuk pembelian tiket dengan total Rp 500.000 ke atas mendapatkan diskon 30%

Bahasa Pemrograman: C
Bahasa Pemrograman: C

Bahasa Pemrograman: C | sumber wikipedia, almaidahsofyanaa, prasetyaha, and others  

0 Response to "Bahasa Pemrograman: C"

Posting Komentar

Harap berkomentar sesuai Tema pada artikel Komputer Busuk... Komentar Sara dan Spam akan dihapus!!!
Terimakasih atas komentar yang baik dan membangun...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel