-->

Apa itu Komputer

Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Istilah yang lebih baik dan cocok untuk arti luas seperti dari komputer adalah yang mengolah informasi atau sistem pengolah informasi.

Kata computer pada awalnya dipergunakan untuk menggambarkan orang yang pekerjaannya melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindah artikan menjadi kepada sebuah mesin itu sendiri.


Asal mulanya, pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah aritmatika, tetapi komputer modern dipakai untuk banyak hal yang tidak berhubungan dengan matematika. Komputer pribadi atau personal computer (PC) adalah istilah untuk komputer yang banyak diketahui orang pada umumnya sehingga banyak orang yang tak akrab dengan bentuk komputer selain komputer pribadi. Hanya orang-orang tertentu saja yang memakai istilah ini secara eksklusif untuk menunjukkan istilah yang lebih spesifik dan tepat.

Komputer pribadi diperkenalkan pertama kali di Indonesia pada tahun 1980 oleh almarhum Eddy Liew, pendiri Dragon Computer & Communication melalui merek Sinclair yang berasal dari Inggris. Komputer digital pertama, memiliki ukuran yang besar dan membutuhkan biaya besar untuk pembuatannya. Komputer pada masa itu umumnya digunakan untuk mengerjakan perhitungan ilmiah.

Orang-orang di pemerintah dan perusahaan besar juga memakai komputer untuk mengotomatisasikan banyak data dan mengerjakan tugas yang sebelumnya dikerjakan oleh manusia - misalnya, memelihara dan memperbarui rekening dan inventaris.

Dalam bidang pendidikan, ilmuwan di berbagai bidang mulai memakai komputer untuk analisis mereka sendiri. Penurunan harga komputer membuat komputer dapat dipakai oleh organisasi yang lebih kecil. Bisnis, organisasi, dan pemerintah sering menggunakan banyak komputer kecil untuk menyelesaikan tugas yang sebelumnya dilakukan oleh komputer kerangka utama yang mahal dan besar. Kumpulan komputer yang lebih kecil di satu lokasi disebut sebagai server.

Komputer terdiri atas 2 bagian besar yaitu Perangkat Lunak (Software) dan Perangkat Keras (Hardware).

Perangkat keras (Hardware)
  1. Pemroses atau CPU sebagai unit pengolah data 
  2. Memori RAM, tempat penyimpanan data sementara 
  3. Hard drive, media penyimpanan data semi permanen 
  4. Perangkat masukan (input), media yang digunakan untuk memasukkan data untuk diproses oleh CPU, seperti mouse, keyboard, dan tablet 
  5. Perangkat keluaran (output), media yang digunakan untuk menampilkan hasil keluaran pemrosesan CPU, seperti monitor, speaker, headset, plotter, proyektor, dan printer 
Perangkat lunak (Software)
  1. Sistem operasi. Program dasar pada komputer yang menghubungkan pengguna dengan hardware komputer. Sistem operasi yang biasa digunakan adalah Linux, Windows, dan Mac OS. Tugas sistem operasi termasuk (namun tidak hanya) mengatur eksekusi program di atasnya, koordinasi input, output, pemrosesan, memori, serta instalasi software. 
  2. Program komputer. Merupakan aplikasi tambahan yang dipasang sesuai dengan sistem operasinya.
Slot pada komputer 
  1. ISA/PCI, slot untuk masukan kartu tambahan non-grafis 
  2. AGP/PCIe, slot untuk masukan kartu tambahan grafis 
  3. IDE/SCSI/SATA, slot untuk hard drive/ODD 
  4. USB, slot untuk masukan media plug-and-play (colok dan mainkan, artinya perangkat yang dapat dihubungkan ke komputer dan langsung dapat digunakan) 
Jenis komputer 
  1. Komputer Analog 
  2. Komputer Digital
  3. Komputer Hybrid
  4. Komputer pulsa 
  5. Mikrokomputer 
  6. Komputer rumah (home computer) 
  7. Komputer pribadi (PC) 
  8. Komputer Server 
  9. Minikomputer 
  10. Mainframe computer 
  11. Superkomputer
Semoga artikel sejarah apa itu komputer bermanfaat buat kita semua ya sob, dikutip dari om wiki dan om terbarutau

0 Response to "Apa itu Komputer"

Posting Komentar

Harap berkomentar sesuai Tema pada artikel Komputer Busuk... Komentar Sara dan Spam akan dihapus!!!
Terimakasih atas komentar yang baik dan membangun...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel