-->

Kelebihan Kekurangan dan Contoh Aplikasi Berbasis Web

Kelebihan Kekurangan dan Contoh Aplikasi Berbasis Web - Dalam rekayasa perangkat lunak, suatu aplikasi web atau web application atau sering disingkat webapp adalah suatu aplikasi yang dapat diakses menggunakan penjelajah web atau browser seperti google chrome, mozila firefox, microsoft edge, microsoft internet explore, opera, safari, uc browser dan lain sebagainya melalui suatu jaringan seperti internet atau intranet.

Webapp juga merupakan suatu aplikasi perangkat lunak komputer yang dikodekan dalam bahasa yang didukung penjelajah web (seperti ASP, Perl, Java, JavaScript, PHP, Python, Ruby, dan lain sebagainya).


Aplikasi web menjadi populer karena ketersediaan penjelajah web bawaan pada perangkat klien, thin client (klien tipis). Kemampuan untuk memperbarui dan memelihara aplikasi web tanpa harus mendistribusikan dan menginstalasi perangkat lunak pada ratusan bahkan ribuan komputer klien merupakan salah satu kunci kelebihannya. Aplikasi web yang umum digunakan seperti webmail, toko online atau e-commerce, lelang online, wiki, papan diskusi, weblog, dan lain sebagainya.

Banyak keuntungan yang diberikan oleh Aplikasi berbasis Web daripada aplikasi berbasis desktop, sehingga aplikasi berbasis web telah diadopsi oleh banyak perusahaan sebagai bagian dari strategi teknologi informasinya, karena kemudahan dalam mengakses informasi, kemudahan dalam instalasi atau setup server, kemudahan dalam mendistribusikan, dan kemudahan mengakses dengan berbagai perangkat pada sistem operasi apa saja atau bebas platform.

Aplikasi berbasis web adalah program aplikasi yang disimpan pada sebuah remote server dan bisa diakses oleh klien melalui web browser interface.

Aplikasi berbasis web merupakan aplikasi yang dapat diakses melalui web browser saat tersambung dengan jaringan internet atau intranet.

Aplikasi apa saja yang berbasis web? Contoh aplikasi web antara lain Gmail, Trello, Google Docs, Google Spreadsheet, Youtube, Facebook, Twitter, WhatsApp Web dan lain-lain.

Apa kelebihan aplikasi berbasis web?

Keunggulan utama aplikasi web adalah kemampuannya yang kompatibel dengan berbagai perangkat atau mobile-friendly. Aplikasi web dapat diakses melalui berbagai perangkat, termasuk komputer, laptop, smartphone, dan tablet. Selain itu, aplikasi web juga dapat diakses dari berbagai OS seperti Windows, iOS, atau Android.

Apa bedanya aplikasi web dan website?

Website: Dirancang untuk interaksi umum dengan konten. Menyediakan navigasi yang nyaman untuk penjelajahan.

Aplikasi Web: Terfokus pada tugas tertentu, menawarkan pengalaman pengguna yang lebih mendalam dan interaktif. Cocok untuk aktivitas yang membutuhkan keterlibatan lebih lanjut.

Bagaimana cara kerja aplikasi web? 

Secara umum, cara kerja web dimulai ketika pengguna membuka browser dan mengetikkan alamat URL, untuk mengakses halaman web. Browser kemudian meminta halaman web dari server web, dan server web menghasilkan halaman web berdasarkan permintaan tersebut dan mengirimkan respons ke browser.

Apa kekurangan dari aplikasi web?

Aplikasi web memiliki keterbatasan fungsionalitas karena tidak dapat mengakses sumber daya yang tersedia di dalam komputer pengguna. Hal ini membuat aplikasi web tidak cocok untuk aplikasi yang memerlukan penggunaan sumber daya yang besar seperti aplikasi pengolahan data yang memerlukan penggunaan memori yang besar. Bukan berarti tidak bisa tetapi kalau sumber data yang dibutuhkan sangat besar maka akan terjadi loading lama (lola) tetapi tetap dapat digunakan hanya saja membutuhkan waktu untuk transfer data yang lebih lama.

keyword: contoh aplikasi berbasis web, contoh aplikasi berbasis web sederhana, aplikasi berbasis web menurut para ahli, Aplikasi berbasis web app, kelebihan dan kekurangan aplikasi berbasis web, aplikasi berbasis web android, aplikasi berbasis web gratis, aplikasi berbasis web pdf

source: wiki | googling

0 Response to "Kelebihan Kekurangan dan Contoh Aplikasi Berbasis Web"

Posting Komentar

Harap berkomentar sesuai Tema pada artikel Komputer Busuk... Komentar Sara dan Spam akan dihapus!!!
Terimakasih atas komentar yang baik dan membangun...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel