-->

Program Komputer (Software)

Program Komputer biasa disebut Program adalah serangkaian instruksi yang ditulis untuk melakukan suatu fungsi spesifik pada komputer atau instruksi yang dibuat berdasarkan dengan bahasa pemrograman  komputer yang berfungsi untuk membantu pekerjaan yang diinginkan oleh penggunanya.

Program Komputer (Software)

Program Komputer adalah sekumpulan data elektronik yang disimpan dan diatur oleh komputer, data elektronik yang disimpan oleh komputer itu dapat berupa instruksi yang dapat menjalankan suatu perintah.

Komputer membutuhkan program agar bisa menjalankan fungsinya sebagai komputer, biasannya hal ini dilakukan dengan cara menjalankan serangkaian instruksi program komputer tersebut pada procesor komputer. Program komputer biasanya memiliki suatu bentuk model tertentu agar dapat berjalan pada komputer. Program yang sama dalam format kode yang dapat dibaca oleh manusia disebut source code (kode sumber), suatu bentuk program komputer yang memungkinan seorang programmer agar dapat menganalisis dan menelaah algoritma yang digunakan program tersebut. Source Code tersebut lalu dikombinasikan dengan bahasa pemrograman tertentu sehingga membentuk sebuah program komputer. Salah satu bentuk alternatif  untuk menjalankan sebuah program komputer adalah dengan menggunakan bantuan interpreter (penerjemah bahasa komputer) sehingga source code tersebut dapat dijalankan oleh utilitas programer pada bahasa permrograman yang digunakan.

Program komputer dibagi menjadi 2 fungsi
1. Software system (Perangkat lunak sistem)
2. Software applikasi (perangkat lunak applikasi)

Perangkat Lunak Sistem (Software System)
System Software adalah software yang mengatur dan mengontrol hardware agar dapat dijalankan oleh software applikasi, contoh system software adalahh Sistem Operasi (OS=Operating System) seperti Windows, Linux, OpenGL, dan lain sebagainya.

Perangkat Lunak Aplikasi (Software Application)
Software Aplikasi adalah subkelas software komputer yang memanfaatkan kemampuan komputer langsung untuk melakukan suatu tugas yang diinginkan penggunanya dan hanya dapat berjalan jika pada komputer sudah ada Sistem Operasinya.

Semoga Artikel Program Komputer (Software) ini bermanfaat buat sobat komputerbusuk

0 Response to "Program Komputer (Software)"

Posting Komentar

Harap berkomentar sesuai Tema pada artikel Komputer Busuk... Komentar Sara dan Spam akan dihapus!!!
Terimakasih atas komentar yang baik dan membangun...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel