-->

8 Penyebab Hard Disk Rusak Internal dan Eksternal

8 Penyebab Hard Disk Rusak Internal dan Eksternal - Hard Disk rusak pasti bakal jadi masalah yang sangat besar apalagi bila hard disk tersebut berisi data-data penting yang bakal bikin jantung kita dag dig dug duerrr apabila datanya hilang... Nah saya pribadi sudah beberapa kali mengalami masalah hard disk rusak baik hard disk internal maupun hard disk eksternal, nah karena itu disini saya coba berbagi informasi tentang beberapa faktor utama penyebab rusaknya hard disk internal maupun hard disk eksternal.

harddisk rusak ilustrator by metserve.com

Penyebab Hard Disk Internal dan Hard Disk Eksternal Rusak

1. Usia Hardisk
Sudah tidak bisa dipungkiri lagi jika usia adalah penyebab utama dan yang paling pasti dalam kerusakan harddisk internal ataupun eksternal. Bahkan bukan hanya harddisk saja, setiap komponen elektronika pasti memiliki batas usia. Oleh karena itu, sangat penting untuk melakukan perawatan terhadap hardisk agar memiliki usia yang lebih panjang dan awet.

2. Hardisk Kepanasan (Over Heat)
Over heat atau panas berlebihan merupakasan salah satu penyebab yang paling sering mengakibatkan rusaknya hardisk jadi sebisa mungkin tetap jaga suhu hardisk agar tidak terlalu panas.

3. Benturan
Benturan yang dimaksud bisa berupa gesekan keras atara hardisk dengan benda lain, guncangan atau bisa juga diakibatkan karena terjatuh dari ketinggian nah jadi tempatkan hard disk sobat di tempat yang baik terutama hardisk eksternal yang sering kali kita bawa-bawa tanpa kita sadari sering kali terjatuh dan mengalami berbagai macam benturan tanpa kita sadari.

4. Terlalu Sering melakukan instalasi
Seringnya melakukan install dan unistall pada komputer ataupun laptop juga bisa memicu kerusakan harddisk. Jika hal ini terus dilakukan, biasanya harddisk akan mengalami bad sector, dan akan sangat sulit untuk memperbaikinya. Tapi jangan kuatir hal ini bukanlah suatu kendala yang berarti untuk menghambat rasa keingin tahuan sobat :D

5. Penggunaan berlebihan
Penggunaan yang berlebih juga bisa menjadi penyebab harddisk cepat rusak. Bermain game, memutar video, mendengarkan musik, serta online dalam waktu yang lama akan menyebabkan bertambahnya perfoma yang dibutuhkan harddisk. Jika hal ini terus dibiarkan dalam jangka waktu yang lama, besar kemungkinan kinerja harddisk tersebut akan melemah dan rusak.

6. Adanya Gangguan Ketika Transfer Data
Ketika media penyimpanan sedang memproses atau melakukan transfer data, gangguan dapat menyebabkan kerusakan pada hardisk. Gangguan dapat berupa gangguan dalam memberikan perintah pada sistem operasi maupun gangguan secara fisik. logoff atau shutdown ketika terjadi transfer data pada hardisk juga akan menghentikan secara paksa transfer data yang diproses, begitu pula jika dilepas secara paksa. Segala jenis gangguan yang menyebabkan pemrosesan data pada hardisk eksternal maupun internal terhenti secara paksa dapat menyebabkan kerusakan data dan menyebabkan media penyimpanan menjadi error.

7. Melepas Hardisk dengan Cara yang Salah
Melepas media penyimpanan berjenis Removable Disk tidak bisa dilakukan secara sembarangan, tidak bisa dilakukan dengan langsung melepas kabel power atau kabel data yang terhubung pada hardisk. Hal ini dapat menghentikan secara paksa hardware yang sedang bekerja. Perlu perintah “Eject” terlebih dahulu untuk menghentikan proses penggunaan hardisk eksternal oleh sistem operasi, baru dapat dilepas kabel penghubungnya. Sedangakan pada hardisk internal sebaiknya sobat jangan pernah mencabut saat komputer pc laptop sobat masih menyala karena hardisk internal lebih rentan rusak dari pada hardisk eksternal bila kita melespaskannya dengan cara yang salah.

8. Asupan Daya Kurang
Asupan daya yang kurang dapat mengakibatkan pemrosesan data tidak berjalan dengan baik dan benar. Hardisk juga dapat terhenti koneksinya kemudian terhubung kembali secara otomatis dan bila terus menerus akan menyebabkan kerusakan yang besar pada hardisk. Untuk hardisk eksternal yang menggunakan port USB sebagai jalur transfer data biasanya diberikan colokan USB ekstra agar dapat menggunakan 2 port sekaligus sehingga asupan daya terpenuhi.

8 Penyebab Hard Disk Rusak Internal dan Eksternal Referensi
http://www.pintarkomputer.com/5-faktor-penyebab-harddisk-cepat-rusak/
http://ipankint.com/hardware/disk/penyebab-umum-rusaknya-hardisk-eksternal/

9 Responses to "8 Penyebab Hard Disk Rusak Internal dan Eksternal"

  1. Balasan
    1. trims kunjungannya,daerah mana jualan komputer rakitan gaming?

      Hapus
  2. Kalo aku sih biasanya karena memang udah lama, usianya udah tua jadi rusak. Atau anda beli 2nd, jadi cepet rusak. Kalo baru sih biasanya bisa bertahan nyampe 3 tahunan

    http://angelikai.blogspot.co.id/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau saya dulu sekali beli harddisk bisa 4-5 buah harddisk, pernah beberapa kali kejadian, baru beli harddisk terus baru dipasang di komputer pc eh udah rusak harddisknya (ada bunyi tik..tik..tik..)

      trims sudah mampir dan komen disini @Abu Hamzah Keren :D

      Hapus
  3. artikelnya sangat menarik dan sangat membantu saya sekali gan... saya berharap ada artikel lainya nya lagi yang bermanfaat seperti ini...

    RajaIDR
    BORNEOPOKER

    BalasHapus
  4. Saling berbagi pengetahuan dan keilmuan. Silahkan singgah di blog perkuliahan pemrograman saya:

    http://rismonhasiholansianipar.blogspot.co.id

    http://rhsianipar.blogspot.co.id

    http://rismonhsianipar.blogspot.co.id

    BalasHapus
  5. Terimakasih gan infonya kunjungi balik blog saya

    zotutorial.blogspot.com

    BalasHapus

Harap berkomentar sesuai Tema pada artikel Komputer Busuk... Komentar Sara dan Spam akan dihapus!!!
Terimakasih atas komentar yang baik dan membangun...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel