-->

Proxy Server Fungsi dan Manfaat

Proxy server adalah sebuah komputer server atau program komputer yang dapat bertindak sebagai komputer lainnya untuk melakukan request terhadap content dari Internet atau intranet.

Proxy Server bertindak sebagai gateway terhadap dunia Internet untuk setiap komputer klien. Proxy server tidak terlihat oleh komputer klien: seorang pengguna yang berinteraksi dengan Internet melalui sebuah proxy server tidak akan mengetahui bahwa sebuah proxy server sedang menangani request yang dilakukannya. Web server yang menerima request dari proxy server akan menginterpretasikan request-request tersebut seolah-olah request itu datang secara langsung dari komputer klien, bukan dari proxy server.
Proxy Server adalah Fungsi dan Manfaat
Proxy Server Topologi

Proxy server juga dapat digunakan untuk mengamankan jaringan pribadi yang dihubungkan ke sebuah jaringan publik (seperti halnya Internet). Proxy server memiliki lebih banyak fungsi daripada router yang memiliki fitur packet filtering karena memang proxy server beroperasi pada level yang lebih tinggi dan memiliki kontrol yang lebih menyeluruh terhadap akses jaringan. Proxy server yang berfungsi sebagai sebuah "agen keamanan" untuk sebuah jaringan pribadi, umumnya dikenal sebagai firewall.

Menurut sumber lainnya Proxy server adalah sebuah server atau program komputer yang berperan sebagai penghubung antara suatu komputer dengan jaringan internet. Atau dalam kata lain, server proksi adalah suatu jaringan yang menjadi perantara antara jaringan lokal dan jaringan internet. Proxy server dapat berupa suatu sistem komputer ataupun sebuah aplikasi yang bertugas menjadi gateway atau pintu masuk yang menghubungan komputer kita dengan jaringan luar.

Contoh penggunaan proxy server saat seseorang tidak bisa mengakses situs sosial media atau situs Porno dari kantor, kampus atau tempat lainnya yang seharusnya bisa diakses melalui jaringan internet. Hal ini merupakan kebijakan dari pemilik koneksi, yang dimaksudkan agar tidak menganggu konsentrasi kerja atau belajar karena sibuk memainkan sosial media ataupun browsing hal yang tidak jelas. Untuk menyiasati pembatasan itu, maka digunakanlah proxy server.  Segala aktifitas akan terlihat dari server utama yang mengatur lalu lintas data, karena jaringan anda telah dibatasi oleh server proxy..

Fungsi utama Proxy Server
  1. Menyembunyikan identitas IP (Internet Provider)
  2. Membagi koneksi internet
  3. Memblokir situs yang tidak diinginkan
  4. Mengakses situs yang di blokir
  5. Melindungi dan menjaga komputer dari pencurian dan kebocoran data
  6. Sebagai firewall dari situs-situs yang tidak terpercaya dan berbahaya
  7. Sebagai media untuk menyimpan sejarah browsing dalam bentuk cache
  8. sebagai pembatas antara jaringan lokal dan jaringan luar
  9. Merubah topologi jaringan komputer
  10. Dan masih banyak lagi fungsi lainnya
Keuntungan menggunakan Proxy Server
  1. Keamanan jaringan lebih terjaga, karena adanya proxy sebagai pembatas antara jaringan lokal dan jaringan luar (internet)
  2. Pengaksesan kembali terhadap situs-situs yang telah diakses sebelumnya menjadi lebih cepat, karena pengaksesan tidak perlu ke jaringan luar (internet) melainkan ada pada direktori cache proxy.
  3. Terdapat fasilitas filtering, baik filtering pengguna, content dan waktu akses.
Kekurangan menggunakan Proxy Server
  1. Pengaksesan terhadap situs yang belum pernah dibuka sebelumnya akan menjadi lebih lambat, karena client harus meminta terlebih dahulu ke pada server proxy, setelah itu baru proxy yang akan meminta request dari client tersebut ke pada penyedia layanan internet.
  2. Bila proxy server terlambat melakukan update cache, maka client akan mendapatkan content yang belum update ketika melakukan request content tersebut.
Semoga artikel Pengertian, Fungsi, dan Manfaat Server Proxy bermanfaat untuk sobat komputerbusuk
Sumber dari wiki dan lain-lainya

0 Response to "Proxy Server Fungsi dan Manfaat"

Posting Komentar

Harap berkomentar sesuai Tema pada artikel Komputer Busuk... Komentar Sara dan Spam akan dihapus!!!
Terimakasih atas komentar yang baik dan membangun...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel